Selasa, 22 Februari 2011

Bisnis Modal Kecil, Resiko NOL, Balik Modal 3 Bulan

Seorang rekan dekat pernah bertanya, bisnis apa yang modalnya kecil, resiko nol, tidak perlu waktu banyak, bisa BEP dalam waktu 3 bulan dan tidak perlu koneksi? Hmm… Jawaban pertanyaan ini pastilah idaman banyak orang yang ingin punya bisnis sampingan sendiri.

Sebenarnya pertanyaan rekan dekat saya ini adalah refleksi dari ketakutannya untuk mulai menjalankan bisnis. Takut mengeluarkan modal banyak, takut rugi, takut mengorbankan waktu luangnya, takut tidak bisa balik modal dan terakhir takut karena tidak punya koneksi.
Bagaimana supaya kita bisa lebih berani berbisnis? Tentunya kita harus lebih dahulu menguasai seluk beluk bisnis yang akan dijalankan. Anda lebih berani berenang -misalnya, jika anda sudah mahir dan menguasai gaya berenang kan?

Sama halnya dengan bisnis, anda akan lebih berani berbisnis jika anda sudah paham betul segala kendala dan solusi yang bisa muncul nantinya. Mulai dari perencanaan bisnis, pemasaran, promosi, distribusi, evaluasi, kepuasan pelanggan dan sederet faktor bisnis lainnya.

Caranya? Mulailah belajar berbisnis. Bukan hanya sekedar baca teori dari Mr. X atau Mentor Y, tapi langsung dipraktekkan! Dengan praktek, anda akan lebih mudah belajar dan menguasai kondisi lapangan. Ambil paket bisnis bermodal kecil dan jalankan dengan sungguh-sungguh. Pastikan bisnis itu mendatangkan keuntungan dan anda pun bisa "naik kelas" -punya bisnis sampingan milik anda sendiri.
 
Sumber : Indoentrepreneur.com
foto : biggtech.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar