Sabtu, 01 Januari 2011

TOKO ONLINE DORONG PENJUALAN OFFLINE

Ini memang angka-angka di Amerika Serikat. Namun saya menduga, hal yang sama juga terjadi di belahan dunia lain, termasuk Indonesia. Angka apa? Ini: Menurut riset terbaru Nielsen Online yang dilakukan Mei 2008 terhadap mereka yang membeli barang elektronik di sebuah toko, 80% diantaranya membeli setelah mengunjungi toko onlinenya. Jika dikuak lebih dalam lagi, 58% diantaranya membeli di toko yang situs webnya paling sering mereka kunjungi. Hasil riset ini secara gamblang menunjukkan bahwa toko online mendorong penjualan di toko nyata (brick and mortar store).



Hasil riset itu mestinya semakin membuka mata pemilik toko betapa pentingnya eksistensi toko dan retaieler di dunia maya. Selama ini masih banyak retailer tradisional yang enggan ke dunia maya. Alasannya sederhana: konsumen lebih senang belanja langsung di toko. Asumsi itu tidak salah. Apalagi, jika retailer dan toko berada dalam sebuah mall yang dilengkapi dengan banyak fasilitas hiburan, sehingga belanja bukan sekadar membeli barang tetapi juga untuk hiburan.


Namun, hasil riset di atas menunjukkan bahwa online bisa meningkatkan penjualan offline. Apalagi, hasil riset juga menunjukkan, bahwa mereka yang membeli barang eletronik di sebuah toko melakukan riset terlebih dulu. Riset paling sering dilakukan di dunia maya ketimbang di toko tempat mereka membeli produknya. Perbandingannya, 52% meriset terlebih dulu di online, dibanding 25% yang meriset di toko. Yang 52% itu datang ke toko sudah dengan bekal informasi yang memadai, sehingga tahu apa yang akan mereka beli.
Oleh karena itu, kelengkapan informasi produk menjadi syarat mutlak di sebuah toko online. Jika tidak, calon konsumen akan lari ke toko online lain yang menyediakan informasi yang lebih lengkap. Dan calon konsumen itu akan membeli langsung di toko online tersebut, atau langsung ke toko offlinenya.

Jadi, anda para pemiliki toko, kalau mau masuk ke dunia maya, jangan asal membuat toko online. Jangan asal ada di Internet. Tapi buatlah toko online yang memberikan informasi seakurat dan sebanyak mungkin untuk membantu konsumen memutuskan membeli barang di toko online maupun di toko offline anda.

Oleh : Nukman Luthfie, Virtual Consulting
foto : klik-kanan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar